Thursday, May 20, 2010

Realitas pendidikan zaman sekarang

Berdasarkan realitas pendidikan dalam beberapa waktu sering terjadi masalah yang mengakibatkan kualitas pendidikan diseluruh dunia mengalami kemunduran, mungkin pendidikan yang telah dilakukan dipengaruhi dengan keadaan pasar bebas, menurut analisis penulis bahwa pendidikan saat ini bukan sebagai sumber perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi pendidikan hanya digunakan sebagai alat untuk memberikan beberapa materi agar setiap manusia dapat bekerja dan memperoleh penghasilan setelah proses belajar selesai.

Sebagai pelaku pendidikan saat ini, penulis melihat bahwa pendidikan sekarang hanya sebagai alat untuk usaha memperoleh harta kekayaan belaka, karena pendidikan sudah terpengaruh dengan gaya hidup mengikuti pasar bebas, jadi pendidikan bersifat transaksi antara guru dengan calon murid atau dosen dengan para mahasiswa, padahal tujuan pendidikan secara prinsip hanya sebagai cara agar setiap manusia mengerti dalam menjalankan kehidupan sesuai dengan bakat minat umat manusia.

Keberadaan pendidikan yang maju pasti memiliki pengaruh terhadap perekonomian dunia, karena tanpa ada perkembangan ilmu pengetahuan kehancuran pasar secara global dapat diperkirakan hanya dalam beberapa waktu, mungkin tujuan pendidikan yang selama ini hanya sebagai modal untuk mengikuti trend pasar bebas sekarang harus kembali pada tujuan pendidikan ”pendidikan adalah modal untuk mengetahui segala sesuatu sesuai dengan bakat dan karakter umat manusia tanpa merubah keinginan mereka”, keadaan penguasaan pengetahuan dirasa sangat sulit, kalau pendidikan tidak ada spesifikasi ilmu pengetahuan pasti pendidikan tidak dapat menjadi modal manusia untuk hidup.

Menelusuri pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan memerlukan beberapa teknik agar diantara pengajar dengan yang menerima pelajaran dapat saling memahami, tidak ada sebuah dogma dalam pembelajaran di seluruh dunia sehingga ilmu pendidikan hanya didapat dari pengetahuan yang dimiliki pelajar dengan berbagai bantuan pengajar agar mencapai proses mengerti tentang segala pengetahuan yang diinginkan pelajar.

No comments: